Kunjungan Menkopolhukam ke Riau, Luhut Pulang Kampung

Kunjungan Menkopolhukam ke Riau, Luhut Pulang Kampung
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan

RIAUTERBIT.COM- Kunjungan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan di Provinsi Riau, Rabu,  diwarnai dengan suasana kekeluargaan dan humor.

Ribuan hadirin yang sudah menunggu lebih dari 2 jam di Ballroom Hotel Labersa, Kabupaten Kampar, sedikit terhibur dengan pernyataan Pelaksana Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, bahwa kedatangan sang menteri sangat dinanti karena Luhut punya sejarah kuat dengan Kota Pekanbaru, khususnya daerah Rumbai.

"Beliau pulang kampung karena beliau ini anak Rumbai. Saya kadang lupa panggil bapak dengan abang, jadi mohon maaf ya," kata Plt gubernur dalam pidatonya yang langsung disambut tawa ribuan hadirin.

Ia mengatakan sangat berterimakasih atas kunjungan resmi pertama Luhut selaku menteri di Riau.

Suasana pidato Plt Gubernur Riau langsung heboh tatkala dirinya menyebut anggota DPR RI Ruhut Sitompul yang turut hadir. Politisi Partai Demokrat ini langsung berdiri dan menepuk jidatnya, saat kamera menyorotnya ke layar besar yang terbentang di depan hadirin. Aksi Ruhut mengingatkan hadiri dengan tokoh Sinetron yang pernah dibintanginya.

Para hadirin pun langsung tertawa terbahak-bahak, dan langsung ditimpali oleh Plt Gubernur Riau. "Langsung rusak jadinya acara ini," canda gubernur.

Dalam pembukaan pidatonya, Menkopolhukam Ruhut Panjaitan pun menimpali sisi nostalgianya terhadap Riau. Ia mengatakan kenal baik dengan Arsyadjuliandi Rachman karena kedua ayah mereka berkawan baik.

Ia mengatakan saat kecil tinggal di daerah Rumbai karena ayahnya berkerja di Caltex, sekarang PT Chevron. Hobi Luhut kecil adalah berenang, bahkan dia mengaku pernah mewakili Riau di Pekan Olahraga Nasional (PON) dalam cabang olahraga renang.

"Saya dulu latihan renang di Sungai Siak, tapi dulu airnya masih bersih. Jadi saya sudah banyak minum air Sungai Siak," kata Luhut yang disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

Kepala Desa Rebutan Ingin Sampaikan Unek-unek ke Menkopolhukam

Dalam kunjungan kerja Menkopolhukam di Pekanbaru, Menko memberikan waktu 20 menit kepada para Kepala Desa untuk membuka sesi tanya jawab. Karena diberi waktu bertanya, para Kades rebutan mikrofon untuk bertanya kepada Menkopolhukam dalam acara arahan kepada Kades, Camat, Bupati dan seluruh Forkompimda di Labersa.

Banyak unek-unek Kades yang disampaikan kepada Menkopolhukam dari peredaran Narkoba, harga komoditas karet yang anjlok, dan mengenai Anggaran Dana Desa yang belum cair.

Luhut Binsar Pandjaitan membatasi penanya dari Kades ini, sehingga hanya sedikit Kades yang bisa menyampaikan unek-uneknya.

Bahkan akibat rebutan mikrofon sempat ditegur seorang aparat kepolisian agar tertib dan disiplin dalam menyampaikan pertanyaan.

"Pak Menko sampai sekarang dana ADD di di Kabupaten Rohul untuk tahap ketiga belum dicairkan pak, mohon dipertegas pak Menko,"ujar Ponimin Kepala Desa Bukit Intan Makmur Kecamatan Kunto Darussalam Rohul, kepada Menkopolhukam. (*)


Antara

 

Berita Lainnya

Index