Mubes Ke-V

Risdella Aisyah Putri Terpilih Jadi Ketua Umum HMJ Agribisnis UR Periode 2015-2016

Dibaca: 12738 kali  Rabu,13 Januari 2016
Risdella Aisyah Putri Terpilih Jadi Ketua Umum HMJ Agribisnis UR Periode 2015-2016
Ket Foto : Risdella Aisyah Putri

RIAUTERBIT.COM-Pemimpin, Kepemimpinan dan Memimpin merupakan kata-kata yang sangat lekat dan dekat dengan laki-laki. Kata-kata ini seakan tabu dan tidak bisa didekatkan kepada perempuan. Padahal, kata-kata ini tidak memiliki jenis kelamin. Sudah begitu, tiga kata ini menjadi sangat relevan tatkala dipercakapkan dalam konteks pertarungan politik.

Mungkinkah, perempuan akan sulit masuk dalam ranah ini? Sejarah Bangsa Indonesia telah menoreh karya dan bakti dari kaum perempuan. Ada Megawati mantan Presiden RI, Cut Nya Dien dan Cut Meutiah dari Negeri Serambi Mekah. Ada juga Ratu Saylendra. Tercatat juga Ken Dedes.

Bahkan Raden Ajeng Kartini, selalu diingat setiap memasuki Bulan April.
Saat ini yang namanya pembatasan wanita telah berubah, wanita kini telah diberikan kesempatan yang lebih luas untuk berkontribusi lebih banyak di berbagai bidang, bahkan berkompetisi dengan pria. Wanita kini dapat mengembangkan dirinya untuk menjadi pribadi yang baik, bertanggung jawab dan berkomitmen serta menjadi teladan tidak hanya untuk kaum nya, tapi untuk semuanya.

Musyawarah Besar (Mubes) Ke V yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisnis di kampus Fakultas Pertanian Universitas Riau, yang mana dalam pelaksanaan Mubes kali ini yang menjadi Ketua Umum Terpilih HMJ Agribisnis Periode 2015-2016 adalah saudari Risdella Aisyah Putri.
 
Dalam Musyawarah Besar Ke V ini beliau mengungkapkan “ Wanita dilahirkan setara dengan pria, kemampuan untuk memimpin pun telah ada dalam diri wanita, asalkan peluang atau kesempatan itu diberikan.

Namun tetap saja wanita membutuhkan dukungan dari pria, hal ini sesuai dengan kodrat dasar wanita.” Beliau juga menambahkan, “Ketika wanita menjadi pemimpin, wanita memiliki kelebihan untuk menjaga hubungan personal dengan anggotanya. Dengan adanya pendekatan human  relationship yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemimpin, apalagi wanita, hal ini dapat membuat suasana yang lebih kondusif.

Sehingga tujuan dalam organisasinya dapat tercapai.” Jika ditengok lebih dalam, pada kehidupan mahasiswi saat ini, banyak dari mereka yang telah timbul inisiatif – inisiatif positif untuk menjadi para aktivis di kampus. Mahasiswi yang beraktivitas tersebut kini tak hanya sekadar menjadi anggota dalam organisasi. Mereka telah berani mengaktualisasikan dirinya sebagai seorang pemimpin.

Ketua Umum terpilih, Risdella Aisyah Putri selain aktif di kepengurusan HMJ Agribisnis sebelumnya beliau juga aktif sebagai salah satu Kohati Himpunan Mahasiswa Islam (HmI),  juga aktif di Organisasi Nasional POPMASEPI.  

Sementara itu, Ketua Umum HMJ Agribisnis Demisioner Saudara Olgi Andaya juga mengungkapkan  “Mahasiswa Agribisnis memang kebanyakan pria, namun sekarang ini mahasiswi agribisnis pun lebih banyak, aktivitas mereka juga tidak kalah banyaknya dari mahasiswa, wanita saat ini telah unjuk kebolehan dan tidak malu lagi untuk menyampaikan pendapat serta keinginan mereka.”

Jadi dapat disimpulkan bahwa kebebasan untuk memimpin adalah mutlak dimiliki baik itu pria dan wanita. Dan yang menjadi penentu adalah kapabilitas mereka sebagai pemimpin. Dalam momentum kali ini, ketiga kalinya sosok wanita yang menjadi Ketua Umum HMJ Agribisnis yang sebelumnya Ayunda Ermi Tety, SP. M.Si dan Ayunda Reny Afriyantika yang mana massa itu beliau juga menjadi Ketua Umum HMJ Agribisnis.(*)


Rilis : Pengirim Wendy Fitrah.
 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »