Ternyata Ada Rahasia Tersembunyi Dibalik Lubang Kecil Penutup Bolpoin

Ternyata Ada Rahasia Tersembunyi Dibalik Lubang Kecil Penutup Bolpoin
Ilustrasi

RIAUTERBIT.COM - Jika anda perhatikan dengan seksama bolpoin atau pena memiliki lubang kecil di penutup pada merek-merek tertentu.

Pernahkah anda berfikir untuk apa lubang itu dibuat?

Anda yang sering menggunakan alat tulis itu sebaiknya menyimak alasan lubang penutup dibuat.

Dikutip dari Proyectonoticias, ternyata ada alasan mengapa topi pada pena memiliki lubang kecil, dan jawabannya berkaitan dengan keselamatan penggunanya.

Alasanya adalah, sering kali ditemukan ketika stres atau semacamnya, anda, keluarga atau teman menggigit pena penutup pena, atau pada saat bosan mendengarkan pelajar di kelas.

Kasus itu pernah terjadi pada Lafarel Alusaka Billi, bocah asal Danguran, Klaten Selatan tak sengaja menelan pensil 2b sepanjang 7 centimeter pada Selasa (2/6/2015).

Lubang itu dibuat untuk mengantisipasi kasus tak sengaja tertelan, atau menelan penutup. jika itu terjadi maka saluran pernafasan akan tertutup.

Meski lubang dipenutup bolpoin tak siginifikan besarnya, tetapi lubang itu dipersiapkan untuk menyelamatkan nyawa orang.

Ketika benda itu tertelan maka trakea akan tertutup dan hanya lubang kecil itu yang memberikan waktu untuk bernafas.

Setidaknya memberikan waktu hingga korban mendapatkan bantuan medis atau memberi waktu saat dibawa ke rumah sakit.

Memang tak semua bolpoin atau pena punya lubang itu, tapi pada produk berkualitas dan standar tinggi, lubang itu wajib dimiliki.

Pada sejumlah produk di Indonesia belum semua lubang itu benar-benar berlubang, masih ada produk yang tertutup meski sudah ada tanda lubang produknya.

Bagaimana dengan pena yang anda pegang saat ini? (*)


Sumber : tribunjogja.com
 

Berita Lainnya

Index