Puncak Peringatan HUT Tanjung Pinang

Lis Darmansyah Beberkan Kemajuan Tanjung Pinang Ditangannya

Dibaca: 9544 kali  Kamis,07 Januari 2016
Lis Darmansyah Beberkan Kemajuan Tanjung Pinang Ditangannya
Ket Foto : Walikota Tanjung Pinang Lis Darmansyah bersama Wakilnya Syahrul

RIAUTERBIT.COM-Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar acara puncak peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke-232 di Lapangan Pamedan Ahmad Yani Rabu, 6 Januari 2016. Acara tersebut diawali dengan pembacaan sejarah singkat perjuangan pahlawan nasional, Raja Haji dalam mengusir penjajah Belanda oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang Juramadi Esram.

6 Januari dipilih sebagai hari jadi Kota Tanjungpinang, karena pada tanggal tersebut terjadi peristiwa besar dan heroik bernama perang bahari. Teptnya pada 6 Januari 1784. Dimana pasukan yang dipimpin Raja Haji Fisabilillah (RHF) berjuang memukul mundur pasukan Belanda dari perairan Riau.

RHF berhasil mengalahkan Belanda dan berhasil menenggelamkan kapal Maraca Van Warden, armada koloneal. Kemudian pada tanggal itulah dipilih sebagai hari lahirnya Kota Tanjungpinang yang diperingati setiap tahunnya.

Selain pembacaan sejarah singkat lahirnya Tanjungpinang, acara tersebut juga diisi dengan berbagai paggelaran seni dan budaya, seperti pembacaan Gurindam 12, tarian melayu, nyanyian dan musik melayu.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah pada kesempatan tersebut memaparkan kesuksesan kepemimpinanya selama 3 tahun terakhir. Lis mengatakan dalam perjalanan tiga tahun terakhir, Kota Tanjungpinang pesat dalam kemajuan di beberapa bidang.

Diantaranya meningkatkan akses sarana dan prasarana pendidikan dengan pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan siswa kurang mampu. Selain itu, meningkatkan mutu pelayanan dan manajemen pendidikan.

Untuk bidang kesehatan, kata Lis, adanya peningkatan ketersediaan fasilitas kesehatan, dengan mendukung program BPJS, pembangunan puskesmas dan posyandu serta rehabilitasi puskesmas pembantu.

"Pada kebijakan pengentasan kemiskinan, telah dilaksanakan program pengentasan kemiskinan melalui RTLH, pemberian makanan tambahan bagi bayi dan balita, program pemberdayan dan peningkatan usaha bagi masyarakat miskin serta bantuan stimulan modal" beber Lis.

Lebih lanjut disampaikan Lis, keberhasilan lainnya, adalah pembangunan dibidang infrastruktur melalui pemenuhan standar pelayanan perkotaan. “Pemko tanjungpinang saat ini telah menanggani 51 titik banjir atau 82,25 persen dari 62 titik banjir pada kondisi awal tahun 2013" tuturnya.

Atas upaya dan kerja keras Pemko Tanjungpinang, sambung Lis, Pemko telah meraih beberapa prestasi nasional, seperti penghargaan Wahana Tata Nugraha sebagai apresiasi atas penangganan perhubungan darat, penghargaan Adiwiyata, penghargaan hasil kinerja terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2014 oleh Kemendagri.

Selain itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga berhasil meraih peringkat ke 14 besar, dan pada tahun 2016 ditargetkan menempati peringkat 10 besar se-Indonesia. Dan masih banyak lagi.
"Jadikan hari jadi Tanjungpinang sebagai tonggak sejarah untuk memacu semangat membangun daerah bersama dalam rangka mewujudkan Tanjungpinang yang sejahtera. Berbagai macam permasalahan, tidak akan bisa diselesaikan sendiri. Akan tetapi dengan kebersaman, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. Tekad itu menjadi point penting untuk mewujudkan pembangunan tanjungpinang yang lebih baik" tutupnya. (*)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »