Pelaku Usaha Di Dumai Kurang Siap Hadapi MEA

Dibaca: 5175 kali  Selasa,05 Januari 2016
Pelaku Usaha Di Dumai Kurang Siap Hadapi MEA
Ket Foto : Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Dumai Zulkarnaen (2 dari kanan) saat menghadiri peresmian PT. APE bebeapa waktu lalu

RIAUTERBIT.COM-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Dumai menilai pelaku usaha produk lokal di daerah ini kurang siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Eropa (MEA) karena terkendala sistem pemasaran yang baik.

Kadisperindag Dumai Zulkarnaen menyebutkan, para pelaku usaha kecil menengah seharusnya meningkatnya kualitas dan daya saing produk untuk menghadapi arus barang dari luar negeri yang bakal meramaikan pasar. "Kesiapan pelaku usaha menghadapi MEA ini kurang maksimal karena masih banyak persoalan dan kendala yang mesti dibenahi, terutama soal kualitas dan kemampuan daya saing terhadap arus masuk produk dari negara luar" tuturnya Senin, 4 Januari 2016.

Disamping itu, kendala lain menghadapi MEA ini juga terkait permodalan usaha, sumber daya manusia pelaku dan kemasan produk yang akan dilempar ke pasaran agar bisa bersaing dengan serbuan barang luar negeri.

Guna mengatasi sejumlah kendala ini, Disperindag sebelumnya telah sosialisasikan MEA ini kepada para pelaku usaha dan asosiasi bersama instansi pemerintah terkait agar bersiap dan meningkatkan daya saing.

Sebab, sambungnya, perdagangan bebas MEA ini dinilai baik dan menguntungkan bagi pelaku usaha dan daerah jika diantisipasi dengan kesiapan matang dan dukungan semua pihak. "Dalam era MEA ini butuh kerja keras yang panjang semua pihak agar masyarakat dan produk lokal mampu bersaing dan perekonomian daerah berkembang pesat" ungkapnya.

Dengan sistem ekonomi pasar bebas ASEAN ini, sebut dia, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan lintas instansi vertikal terkait dan mempersiapkan langkah strategis guna meningkatkan kualitas SDM masyarakat.

Dia berharap masyarakat dan pelaku usaha di daerah ini bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar sistem perdagangan bebas tersebut bisa menguntungkan. (*)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »