Perekonomian Di Bangkinang Melemah, Ini Penyebabnya

Perekonomian Di Bangkinang Melemah, Ini Penyebabnya
Ilustrasi

RIAUTERBIT.COM-Tidak adanya sektor unggulan seperti sumber daya alam, membuat Kota Bangkinang yang berada di Kabupaten Kampar hanya bisa mengandalkan sektor jasa. Seiring dengan perkembangan zaman kurangnya sarana pendidikan di Bangkinang, membuat kota ini perlahan ditinggalkan masyarakat sehingga berdampak pada pelemahan ekonomi.

Anggota DPRD Riau H Masnur mengatakan, untuk mengembalikan stabilitas perekonomian masyarakat Kota Bangkinang pemerintah Provinsi Riau dapat melakukan beberapa hal. Seperti dengan meningkatkan sarana pendidikan agar masyarakat kembali datang ke kota tersebut.

"Dulu sebelum Kabupaten Kampar dimekarkan, banyak para pelajar datang ke Bangkinang untuk sekolah. Hal itu tentunya mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitar seperti jasa rumah kos dan juga rumah makan. Tapi kalau sekarang kondisinya berbeda, Bangkinang sudah sepi dan banyak ditinggalkan" ungkap Masnur.

Akibatnya, menurut Masnur sektor lainnya seperti perdagangan juga menjadi lesu. Bahkan salah satu toko ritel pakaian di Indonesia yang sempat membuka cabang di Bangkinang kini harus tutup karena sepinya pembeli. Jika hal itu terus didiamkan dan tidak ada perhatian pemerintah, dikhawatirkan akan semakin menyulitkan masyarakat.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan menurut Masnur adalah  meminta kepada pemerintah kabupaten untuk membangun Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) di Kota Bangkinang. (*)

Berita Lainnya

Index