Sebelahan Dengan Masjid, Ini Cara Gereja Mahanaim Atur Kebaktian Natal

Sebelahan Dengan Masjid, Ini Cara Gereja Mahanaim Atur Kebaktian Natal
Situasi di Gereja Protestan Mahanaim dan Masjid Al-Muqarrabin usai digelarnya kebaktian malam natal pada Kamis (24/12/2015). Gereja Protestan Mahanaim dan Masjid Al-Muqarrabin adalah dua tempat ibadah di Jalan Enggano, Tanjung Priok, Jakarta Utara yang sa

RIAUTERBIT.COM-Hari ini, sejumlah gereja yang berdekatan dengan masjid akan menggelar ibadah perayaan natal yang hampir bersamaan dengan pelaksanaan shalat Jumat. Salah satunya adalah Gereja Protestan Mahanaim di Jalan Enggano, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sekretaris Jemaat Gereja Mahanaim Merry Dauhan mengatakan, kebaktian di gereja yang bersebelahan dengan Masjid Al-Muqarrabin ini direncanakan akan digelar seperti biasa. Tak ada pemajuan maupun pemunduran jadwal.

"Rencananya mulai jam 09.00 sampai sekitar pukul 11.00," ujar dia saat ditemui, Kamis (24/12/2015).

Meski bersebelahan dengan masjid, Merry mengatakan tidak akan ada persiapan khusus. Menurut dia, hidup berdampingan selama puluhan tahun telah membuat pihak gereja dan masjid dapat memahami satu sama lain.

"Kalau kami lagi ada kebaktian, sementara di Masjid Al-Muqarrabin tidak, jemaat kami biasa numpang parkirnya di halaman masjid. Begitu juga sebaliknya," ujar dia.

Merry menjelaskan, kebaktian di Gereja Protestan Mahanaim akan digelar di dua tempat, masing-masing di gereja yang berlokasi di Jalan Enggano dan satunya di Jalan Melur, masih di kawasan Tanjung Priok.

Ia mengatakan, untuk kebaktian di Jalan Enggano diperkirakan akan dihadiri sekitar 800 jemaat, seperti halnya kebaktian malam natal. "Jemaat kami juga ada yang dari Priok. Ada juga yang dari Cipulir, Bekasi sama Bogor," ucap Merry.

Gereja Protestan Mahanaim dan Masjid Al-Muqarrabin adalah dua tempat ibadah yang saling bersebelahan. Kondisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1959, saat masjid difungsikan, menyusul gereja yang sudah lebih dulu berdiri dua tahun sebelumnya.

Saat ini, kedua bangunan ini hanya dibatasi tembok yang tingginya hanya sekitar 1,5 meter. (kompas)

Berita Lainnya

Index