Riauterbit.com

Saat Kesabaran Hamba Nyaris Habis, Ini Pesan Ibnu Athaillah

Selasa,22 Desember 2020
Saat Kesabaran Hamba Nyaris Habis, Ini Pesan Ibnu Athaillah

RIAUTERBIT.COM - Allah SWT mengetahui apapun yang manusia lakukan, termasuk mengetahui apa saja yang ada di hati hamba-Nya. Demikian, Allah pun mengetahui juga ketika kesabaran manusia telah melampaui batas atau nyaris habis. Ibnu Athaillah dalam kitab Al-Hikam mengatakan: 

 

“Lamma alima annaka laa tashbiru anhu asyhadaka maa baraza minhu. Lamma alima al-Haqqu minka wujudal-malali lawwana laka at-thaa’aati, wa alima maa fika min wujudi as-syarahi, fahajaraha alaika fil-ba’dhil-awqaati liyakuna hammuka iqaamata as-shalaati laa wujuda as-shalaati fama kullu mushallin muqimun.”

 

Yang artinya: “Allah mengetahui saat engkau sudah tidak sabar lagi menyaksikan-Nya, sebab itulah Dia memperlihatkanmu sesuatu yang bersumber dari-Nya. Di saat Allah yang Mahabesar mengetahui kejemuan yang menghampirimu, Dia menyediakan berbagai macam jalan kekuatan untukmu. Dan di saat Allah mengetahui sifat rakus yang ada dalam dirimu, Dia membatasi ketaatan itu hanya pada waktu-waktu tertentu agar engkau bisa fokus pada kesempurnaan kala menegakkan shalat, bukan hanya melaksanakannya. Sebab tidak semua orang melaksanakan shalat dapat menyempurnakan shalatnya,”. 

 

Dijelaskan bahwa sesungguhnya Allah tentu Mahamengetahui jika sebenarnya seorang hamba tidak bisa bersabar atas kekuasaan ataupun bantuan Allah. Namun sejatinya, penglihatan manusia kepada kuasa Allah yang tanpa hijab (penghalang/penutup) ini tidak mungkin bisa dilakukan.

 

Sebab itulah kemudian Allah memperlihatkan kepada manusia segala jejak, tanda, dan ciptaan-Nya agar setiap hamba dapat melihat-Nya dan kekuasaan-Nya dengan mata batin itu. Maka di saat Allah mengetahui kejemuan seorang hamba, sesungguhnya Dia menyediakan berbagai macam jalan ketaatan untuk hamba-Nya.(rep)

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RiauTerbit.Com All Right Reserved