Riauterbit.com
Home » Riau

Pemprov Belum Salurkan Alokasi PEN Senilai Rp25 Miliar

Selasa,10 November 2020
Pemprov Belum Salurkan Alokasi PEN Senilai Rp25 Miliar

RIAUTERBIT.COM - Alokasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp25 miliar belum juga dicairkan. Padahal, anggaran tersebut diperuntukan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Riau dimasa pandemi Covid-19.

 

Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar saat dikonfirmasi mengakui, realisasi PEN bertujuan untuk merangsang ekonomi masyarakat masih nol persen. Disebutkan, data calon penerima bantuan PEN masih menjadi menjadi penyebab.

 

""PEN sudah kita siapkan. Tapi masih nol persen dari anggaran yang disiapkan Rp25 miliar. Sebab ada masalah data calon penerima bantuan PEN," kata Gubri, Senin (9/11/20).

 

Menurut orang nomor satu di Riau ini mengatakan calon penerima antara Pemprov Riau dengan Kementerian Koperasi dikhawatirkan terjadi tumpang tindih. Pasalnya, kementerian juga ada mengalokasikan bantuan yang sama untuk UMKM.

 

"Tapi saya sudah tugaskan Kepala Disperindagkop dan UMKM Riau untuk mengurus ke Jakarta membicarakan masalah data ini agar clear. Kalau sudah clear baru kita salurkan," jelasnya.

 

Alasan belum disalurkan bantuan PEN Pemprov Riau karena Kementerian Koperasi juga ada anggaran itu, sehingga dikhawatirkan terjadi tumpang tindih. 

 

"Kita takut nanti tumpang tindih. Nanti kalau sudah jelas data UMKM di Riau, mana UMKM yang diberi bantuan dari Kementerian Koperasi, baru dari anggaran kita," ujarnya.

 

Ditanya berapa UMKM Riau yang menerima PEN, Gubri mengatakan, belum tahu tergantung data claer. Karena data ini, data yang diperoleh Kementerian Koperasi dari bank, sedangkan data kabupaten/kota beda.

 

"Yang jelas kalau penyaluran bantuan pusat selesai, baru kita gulirkan dana Rp25 miliar itu kepada UMKM Riau. Tapi tetap realisasinya paling lambat November ini sesuai data yang divalidasi oleh BPKP," paparnya(rtc)

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RiauTerbit.Com All Right Reserved