Riauterbit.com
Home ยป Hukrim

Parah Koperasi Kopkar SPA di Kampar Tak Laksanakan RAT, Anggota Desak Rapat Luar Biasa

Rabu,13 November 2019
Parah Koperasi Kopkar SPA di Kampar Tak Laksanakan RAT, Anggota Desak Rapat Luar Biasa
Aktivis sekaligus Anggota Koperasi Kopkar SPA Sei Pagar Kampar, Nusirwan

RIAUTERBIT.COM - KOPKAR adalah Koperasi Karyawan PTPN V Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Sei Pagar beranggotakan 528 orang, berlokasi di PTPN V Kebun Sei Pagar, Kampar Riau.

Koperasi yang diketuai oleh Marben Naibaho ini tidak pernah lagi melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sejak tahun buku 2017, 2018 hingga saat ini.

Diungkapkan anggota KOPKAR SPA Nusirwan, bahwa berbagai upaya telah dilakukan anggota, salah satunya menyurati pengurus dan menemui secara langsung pengurus kapan RAT akan dilaksanakan, namun pengurus selalu menghindar dan berdalih akan mengadakan RAT, setiap kali anggota bertanya selalu diberi janji yang sama yakni sedang menyiapkan laporan.

Melihat tidak adanya titik kejelasan status kepengurusan dan tanggung jawab pengurus, salah seorang anggota KOPKAR yang berlatar belakang Aktivis sekaligus Sekretaris Umum Majelis Masyarakat Riau (MMR) PTPN V SPA menjemput harapan.

Keinginan dan tangisan 500 orang lebih yang berbeda latar belakang tersebut untuk bersama-sama mendesak Pengurus KOPKAR SPA agar bertanggung jawab dengan segera menggelar Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) sesuai Undang-undang yang berlaku, 

Dimana sangat besar kemungkinan segala permasalahan yang ada di KOPKAR SPA akan terungkap jelas yang berpotensi untuk digiring ke jalur hukum,

Surat permintaan RALB tersebut juga ditembuskan kepada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kampar sebagai Pembina Koperasi, dan Kepada Dewan penasehat yang dalam hal ini adalah management PTPN V Kebun Sei pagar.

"Sejak 3 tahun terakhir, anggota KOPKAR tidak lagi dapat merasakan hak sebagai anggota, semua anggota selalu membayar iuran simpanan wajib lewat potongan gaji setiap bulan, setiap kali anggota ingin meminjam alasan pengurus selalu tidak ada uang, padahal usaha koperasi berjalan, mulai dari transport buah kebun inti yang dikelola oleh Kaharman, bidang Waserda yg ditempati oleh oknum non karyawan", ujar Aktivis MMR Nusirwan yang juga sekaligus anggota Koperasi Kopkar SPA. Rabu (13/11/2019) di Pekanbaru.

Ditambahkan Nusirwan, begitu juga bidang rekanan di PTPN V yang tidak tahu kemana keuntungan nya, belum lagi hak anggota yang sudah memasuki masa pensiun yang hingga detik ini menunggu dengan penuh harap.(Rls /Alfed)

Komentar Anda
Populer
© 2015 RiauTerbit.Com All Right Reserved