Riauterbit.com

Atasi Karhutla Riau, BNPB Kirim Dua Helikopter

Kamis,06 April 2017
Atasi Karhutla Riau, BNPB Kirim Dua Helikopter
Kebakaran hutan dan lahan. (Antara/Rony Muharrman)

RIAUTERBIT.COM- Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengirim dua helikopter jenis MI-172 guna membantu mencegah dan menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

"Dua helikopter tersebut saat ini sedang mengurus izin," kata Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Henri Alfiandi membenarkan keberadaan helikopter di Pekanbaru, Rabu (5/4).

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur mengatakan izin yang saat ini masih diurus adalah flight clearance dan security clearance.

Namun, dia juga belum dapat memastikan kapan helikopter yang berasal dari Vietnam tersebut dapat beroperasi di Riau.

"Saya belum tau pasti. Namun yang jelas sekarang sudah di Lanud (Roesmin Nurjadin). Kami tinggal menunggu instruksi dari BNPB," tuturnya.

Jim mengatakan MI-172 merupakan salah satu helikopter andalan dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau pada 2016 silam. Helikopter yang disebut mampu mengangkut 4-5 ton air untuk disemburkan ke titik-titik api tersebut dinilai cukup efekti membantu upaya pemadaman dari udara.

Saat ini, satuan tugas Karhutla (Satgas Karhutla) Provinsi Riau diperkuat dengan satu unit helikopter Bell 412 bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Namun, helikopter Bell 412 bantuan KLHK yang telah beroperasi sejak Januari 2017 lalu tersebut akan segera berakhir.

Sekretaris Manggala Agni Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Ihsan Abdillah mengatakan operasional helikopter saat ini hanya tinggal empat jam atau telah menghabiskan 96 jam terbang dari peruntukan 100 jam operasi atau setara tiga bulan operasional di Riau.

Selama beroperasi di Riau, Ihsan yang juga merupakan penanggung jawab operasional helikopter tersebut mengatakan Bell 412 telah melakukan pengeboman air dengan 48.000 liter air ditumpahkan untuk memadamkan kebakaran.

"Keberadaan helikopter ini sangat membantu satuan tugas menekan angka kebakaran di Riau selama awal tahun ini," jelasnya.

Bell 412 merupakan satu-satunya helikopter yang diperbantukan ke Riau guna mencegah dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sejak Januari 2017 silam.


/YUD

ANTARA
 

Komentar Anda
Populer
© 2015 RiauTerbit.Com All Right Reserved