Riauterbit.com
Home ยป Riau

Jelang Pilkades Serentak
MUI Bengkalis Usulkan Persyaratan Pandai Mengaji Bagi Setiap Calon Kades

Minggu,06 Maret 2016
MUI Bengkalis Usulkan Persyaratan Pandai Mengaji Bagi Setiap Calon Kades
Ketua MUI Bengkalis H Amrizal M.Ag

RIAUTERBIT.COM-Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis Riau, mengusulkan kepada Pemkab Bengkalis untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang rencananya akan digelar serentak, setiap calon harus pandai mengaji atau membaca Alquran.

Karena pemimpin desa harus tahu dengan ilmu keagamaan islam, sehingga nantinya bisa melakukan pembimbingan terhadap masyarakatnya dengan baik.

"Kita usulkan kepada Bupati Bengkalis agar calon Kades harus pandai membaca Alquran, itu dimasukkan sebagai salah satu syarat untuk mencalon diri sebagai Kades" Kata H, Amrizal, M.Ag, Minggu (6/3/16).

Menurut Amrizal, mengaji atau membaca Alquran sangat penting diketahui oleh calon yang ingin menjadi pemimpin desa, karena pemimpin desa itu merupakan pemimpin yang nantinya membimbing masyarakatnya.

"Bagi calon yang tidak bisa mengaji, maka dirinya meminta calon tersebut digugurkan dari pencalonannya"ujarnya mengusulkan.

Mantan Ketua NU Bengkalis ini juga menyampaikan persyaratan itu hanya berlaku bagi calon yang beragama Islam. Syarat ini kita ajukan agar masyarakat yang berdomisili di pedasaan tahu dengan ilmu keagamaan dan menjadikannya sebagai pegangan dan sesuai dengan program magrib mengaji.

Kondisi saat ini menurut Amrizal masih banyak masyarakat miskin di pedesaan yang perlu peran serta dari kepala desa dalam melakukan pembinaan.

"Kemiskinan mendekatkan manusia dengan kekufuran, jadi jika kepala desanya bisa membimbing tentu saja hal ini tidak perlu terjadi " Ujar Amrizal.

Hal senada disampaikan oleh tokoh masyarakat Sungai Pakning Hasby, dalam rangka memutuskan mata rantai peredaran narkoba yang telah memasuki desa-desa di wilayah Kabupaten Bengkalis.

"Kades harus bebas narkoba dan harus dilakukan tes urine. Tak hanya itu saja, bahkan  tes darah juga, sekaligus pengujian terhadap kades apakah bisa membaca Al Quran atau mengaji bagi yang beragama Islam"Kata Hasby

Lebih lanjut dijelaskanya, bahwa hal tersebut dilakukan tidak lain bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi

"Untuk menjadi Kabupaten yang lebih maju dan bermartabat, sejatinya seluruh perangkat pemerintahan harus bersih dulu, semuanya harus bebas narkoba tentunya dari dalam dahulu. Tentunya ini berkaitan erat dengan pembangunan yang ada di desa, yang menjadi tolak ukur suksesnya pembangunan di Kabupaten Bengkalis," tutup Hasby yang juga Imam Masjid di Sungai Pakning ini. (rls/rg)

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RiauTerbit.Com All Right Reserved