Riauterbit.com
Home ยป Riau

Akses Sulit, XIII Koto Kampar Kampung Halaman Masnur Terisolir

Jumat,05 Februari 2016
Akses Sulit, XIII Koto Kampar Kampung Halaman Masnur Terisolir
Kecamatan XIII Koto Kampar Kampung Halaman Masnur anggota DPRD Riau

RIAUTERBIT.COM - Sulitnya akses karena daerah terisolir bukan hanya dirasakan oleh warga tujuh desa di Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Ribuan jiwa di Kecamatan XIII Koto Kampar Kampung halaman Masnur anggota DPRD Riau  juga merasakan hal demikian. Terparah dirasakan warga di Dusun V Sei Asam Desa Balung.

"Sei Asam Dusun V itu paling ujung di Balung. Kesana jalan payah sekali," ungkap Surkiyanto, warga Desa Balung, Jumat (5/2/2016).

Eri, sapaan akrabnya, menuturkan untuk mencapai Kantor Desa saja pun, warga tidak dapat menggunakan kendaraan. Jangankan roda empat, roda dua saja nyaris tidak bisa melintas.

"Kalau pun bisa, dipaksakan lagi itu," katanya.

Menurut Eri, untuk mendapatkan kebutuhan hidup sehari-hari juga sangat jauh. Perjalanan berjarak belasan kilometer menuju pasar tidak dapat ditempuh dengan kendaraan.

Eri menuturkan, warga tidak punya pilihan selain harus memperoleh kebutuhan sehari-hari ke kecamatan tetangga. Walau harus menempuh jarak puluhan kilometer dengan kondisi medan jalan yang juga tidak baik.

"Harus lewat (Desa) Lubuk Agung, tembus Lipat Kain (Kecamatan Kampar Kiri)," ujar Eri. Jika tetap memaksakan ke pasar desa, risiko keselamatan jiwa terlalu besar. Permukaan jalan licin bercampur bebatuan, di sisinya langsung berbatas dengan jurang. "Silap dikit, masuk juranglah," imbuhnya.

Eri berharap ada tindakan dari Pemerintah Kabupaten Kampar. Kata dia, warga meminta supaya jalan diperbaiki. Meski untuk melakukan pengaspalan, sulit dilakukan. Paling tidak jalan tanah diratakan agar dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat. (riter)

 

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RiauTerbit.Com All Right Reserved